Percantik Tampilan Jendela Rumah Minimalis Anda dengan Art Glass

Sebuah rumah, tak pernah bisa lepas dari dekorasi interior atau eksterior yang berfungsi untuk mempercantik tampilan rumah. Di zaman sekarang, mayoritas type rumah baik type rumah minimalis atau type rumah mewah, semuanya sudah menggunakan kaca pada jendela mereka. Selain berfungsi sebagai pemanis, juga memiliki manfaat agar cahaya mudah masuk ke dalam ruangan. Tapi apakah anda juga tahu? Sebenarnya selain kaca polos yang terkesan monoton, ada beberapa jenis seni kaca yang biasanya juga di gunakan untuk menghias rumah. Harganya juga cukup bervariasi, tergantung dari jenis, nama, dan tingkat kesulitanya. Untuk menambah wawasan anda, berikut ini akan saya informasikan tentang bagaimana mempercantik tampilan Jendela Rumah Minimalis Dengan Art Glass.

Kaca Sandblass

Kaca jenis ini adalah jenis seni kaca yang paling simple. Biasanya hanya memiliki corak antara buram dan kaca bening yang membentuk suatu pola tertentu. Misalnya gambar bunga, maka berawal dari kaca bening akan di buat sebuah gambar yang membentuk gambar bunga, lalu bagian yang sudah di pola akan di buram sehingga dari perpaduan warna buram dan warna bening tersebut akan muncul gambar bunga. Adapun untuk kaca sandblass ini, pola atau gambar tergantung dari permintaan pembeli. Jika untuk hotel atau Bank, biasanya mengambil pola minimalis dengan bentuk gambar kotak-kotak atau garis. Anda tentu pernah tahu sebuah kaca di pintu masuk hotel atau Bank yang memiliki pola gambar kotak-kotak bukan? Nah, itu adalah salah satu contoh kaca sandblass. Tapi kaca jenis ini tak jarang juga di gunakan untuk perumahan. Biasanya rumah dengan type minimlis sehingga terlihat semakin cantik.

Painting Glass

Kaca jenis ini bisa di bilang sangat cocok jika di gunakan untuk menghias rumah, baik rumah type minimalis atau type rumah mewah. Kaca painting memiliki gambar yang hampir mirip lukisan, dengan cara menggambar pada media kaca dengan ukuran tertentu. Supaya jika kaca yang di gambar lebih dari satu dan memiliki ukuran yang sama, maka ukuran atau skala ini dapat di jadikan acuan untuk membuat gambar yang benar-benar serupa. Tapi kelemahan dari seni kaca jenis ini adalah daya tahan yang tidak terlalu lama. Paling lama hanya mampu bertahan sekitar 3 tahun setelah itu warna cat akan memudar. Berbeda dengan kaca sandblass yang permanent, dan tak perlu di ganti kecuali kaca tersebut pecah.

Kaca Gravier

Kaca grafir lebih di kenal juga dengan seni kaca ukir. Proses pembuatanya hampir mirip dengan kaca sandblass, tapi dengan teknik yang lebih rumit dan membutuhkan hingga beberapa proses. Karena kaca jenis ini akan membentuk pola gambar dari kaca yang di ukir seperti kayu. Jadi gambar yang ada pada kaca, berbentuk gambar timbul sebagai mana sebuah ukiran. Adapun pola yang di terapkan cukup bervariasi, mulai dari pola gambar seperti burung, bunga, manusia, atau pola ornament. Di banding dua kaca di atas, kaca ini juga lebih cantik dan menarik. Karena gambar yang sudah di ukir akan di beri warna lalu di timpa dengan warna clear sehingga mengkilat dan cat akan tahan lama. Biasanya, dalam masa 5 tahun cat akan berkurang ketajaman warnanya tergantung dari kualitas cat yang di gunakan, tapi kalau ukiranya bersifat permanen seperti kaca sandblass.

Kaca Inlay

Bisa di bilang, jenis seni kaca ini cukup mahal. Selain cantik, proses pembuatanya juga cukup rumit dengan cara memotong kaca dengan warna yang berbeda-beda membentuk pola tertentu. Lalu pola yang sudah di potong akan di susun membentuk gambar yang di inginkan dengan menggunakan lem khusus pada sebuah kaca. Setelah jadi, biasanya pada bagian kiri dan kanan akan di lapis lagi dengan kaca agar tidak mudah pecah. Selain awet, warna kaca jenis ini juga permanen. Karena warna yang ada pada kaca adalah warna asli bukan karena di cat. Sisi menarik dari kaca inlay adalah kaca yang di bevel pada bagian tertentu sehingga tampak berkilau. Bahkan ada sebagian yang memiliki efek seperti Diamond. Tak heran harga jenis kaca ini di atas kaca sandblass, painting, atau bahkan gravier sekalipun.

Kaca Patri

Di antara semua jenis seni kaca di atas, mungkin kaca ini yang paling mahal. Kaca ini juga di bagi menjadi dua jenis lagi. Yaitu patri yang menggunakan bahan timah, dan patri yang menggunakan bahan kuningan. Kesan mewah yang di miliki kaca jenis ini sangat kental.

Kaca jenis ini biasanya dapat anda temui sebagai hiasan masjit atau gereja. Prosesnya hampir seperti kaca inlay. Yaitu dengan memotong-motong beberapa jenis kaca yang memiliki warna berbeda membentuk suatu pola. Lalu pola yang sudah terpotong, akan di rangkai lagi dengan list dari timah atau kuningan hingga membentuk suatu gambar atau ornament.

Berbeda dengan inlay yeng menggunakan lem, kaca patri menggunakan list timah atau kuningan yang di susun dan di rekatkan dengan cara di solder sehingga lebih kuat. Setelah jadi, bisanya pada kedua sisinya akan di beri lapisan kaca lagi. Selain agar tak mudah pecah, juga untuk menjaga agar bagian kaca tetap bersih, karena celah-celah pada kuningan atau timah akan mudah sekali kotor jika terkena debu. Antara kaca patri yang berbahan timah dan kuningan, maka harga kaca kuningan lebih mahal karena bahan yang di butuhkan juga cukup mahal.

Demikianlah tadi tadi ulasan kita kali ini, semoga informasi tentang tips bagaimana mempercantik tampilan Jendela Rumah Minimalis Dengan Art Glass ini dapat memperluas wawasan anda dalam menghias rumah idaman anda. Selamat berkreasi!

Avatar for admin

Author: 

Related Posts

Leave a Reply