Kompilasi Tips Command Prompt 2

Setelah kemarin kita membahas sedikit tips command prompt, hari ini akan kami lanjutkan pembahasan yang kemarin.

Berikut kami sampaikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan :

Masukkan banyak perintah sekaligus

Menambah && antara perintah akan memungkinkan Anda memasukkan beberapa baris sekaligus untuk dieksekusi secara berurutan. Contoh:

tasklist && netstat –b
Lihat setiap proses berjalan dan terhubung

Memasukkan perintah tasklist akan mencantumkan semua proses yang berjalan di mesin Anda beserta rinciannya seperti pengidentifikasi proses dan penggunaan memori. Sementara netstat -b akan menampilkan daftar semua proses dengan koneksi jaringan yang stabil.

Daftar setiap driver perangkat di PC Anda

Ada banyak cara untuk membuat daftar driver di Command Prompt. Disini akan muncul baris yang menyertakan informasi tambahan seperti status perangkat dan lokasi folder/nama file dari driver terkait :

driverquery /FO list /v
Hasil keluaran ke file bentuk teks atau clipboard

Anda dapat menyimpan output dari perintah seperti daftar tugas atau driverquery ke file teks baru dengan menambahkan > bersama dengan direktori dan nama file. Contoh :

driverquery > C:\Users\TechSpot\Desktop\output.txt
Hapus temporary file dari drive Anda

Beberapa temporary file di drive Anda dapat dihapus dengan perintah berikut (/q menjalankan operasi tanpa konfirmasi, /f mengabaikan atribut read-only dan memaksa penghapusan, /s menghapus konten dari semua sub-folder) :

  • Delete temporary user files : del /q /f /s %temp%\*
  • Delete temporary system files (requires admin rights): del /s /q C:\Windows\temp\*
  • Atau jalankan secara bersamaan : del /q /f /s %temp%\* && del /s /q C:\Windows\temp\*

Jika itu tidak cukup untuk mengosongkan penyimpanan yang ada, bisa juga dengan menggunakan tools Disk Cleanup.

Membuka keyboard di layar Windows

Masukkan osk ke command prompt akan membuka keyboard Windows di layar. Dengan ini, Anda bisa untuk mengklik tombol dengan mouse Anda daripada mengetiknya.

Matikan PC Anda pada waktu tertentu

Perintah “shutdown” dapat digunakan dengan berbagai switch untuk shutdown, reboot dan banyak lagi. Termasuk kemampuan untuk memaksa aplikasi ditutup, untuk menampilkan pesan pada saat shutdown, dan untuk menentukan jumlah detik yang Anda inginkan sebelum operasi terjadi. Contoh: shutdown -s -t 3600 akan mematikan PC Anda dalam satu jam.

Buat hotspot Wi-Fi & Menampilkan kata sandi Wi-Fi Anda

Jika adaptor jaringan Anda mendukung fitur ini, Anda dapat mengkonfigurasi PC Anda menjadi hotspot nirkabel dari Command Prompt.

Cara memeriksa apakah perangkat keras Anda mampu : masukkan driver netsh wlan show dan cari baris yang bertuliskan “Hosted network support: Yes.

Dari sana, Anda dapat mengaktifkan hotspot dengan perintah ini : netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=YOURSSID key=YOURPASSWORD

Masukkan juga baris ini untuk mengaktifkan hotspot : netsh wlan start hostednetwork (stop juga berfungsi). Anda dapat memeriksa status hotspot baru Anda dengan memasukkan netsh wlan show hostednetwork.

Anda mungkin juga harus menavigasi beberapa menu GUI untuk mengaktifkan connection sharing (kami tidak dapat menemukan cara untuk melakukan ini dari command prompt) : Go to Network and Sharing > Change adapter settings (Control Panel\Network and Internet\Network Connections) dan Anda akan melihat adapter jaringan yang terhubung ke PC Anda.

Klik kanan perangkat yang terhubung ke Internet (bukan hotspot baru Anda jika itu terdaftar) dan buka Properties. Di tab Sharing, centang kotak untuk “Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection.”

Di antara perintah netsh lainnya, fitur ini dapat menampilkan kata sandi Wi-Fi Anda dengan memasukkan netsh WLAN show profile name=YOURPROFILE key=clear (lihat di bawah Security settings > Key Content).

Perintah ini dapat menghapus profil jaringan yang tidak Anda gunakan lagi : netsh WLAN delete profile name = YOURPROFILE.

Avatar for admin

Author: 

Related Posts

Leave a Reply